Pakai Teknologi ARM, AMD Makin Serius di 'Mobile'


AMD go mobile? yup, knp ga.. langsung aja bakal di bahas disini..
AMD sedang mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperkuat platform mobile miliknya.


Salah satu langkah tersebut adalah menggunakan teknologi arsitektur Cortex A5 dari ARM. Kerja sama ini sudah disepakati oleh kedua pihak, AMD dan ARM, pada Rabu (13/6/2012).

Arsitektur ARM Cortex A5 itu akan digunakan AMD untuk menambahan fitur-fitur keamanan dalam prosesor yang dibuat untuk tablet dan perangkat mobile lain.

Tujuannya, antara lain,
adalah memungkinkan produsen perangkat mobile dan pengembang aplikasi untuk menambahkan fungsi-fungsi yang berhubungan dengan aspek sekuriti, seperti mekanisme pembayaran melalui perangkat mobile.

Sebagai permulaan, AMD berencana menanamkan teknologi dari ARM tersebut pada chip Accelerated Processing Unit (APU) buatannya yang menggabungkan prosesor (CPU) dan pengolah grafis (GPU).

Unit-unit APU dengan teknologi ARM ini bakal digunakan di perangkat handheld dan fanless PC.

Chip pertama dengan lisensi teknologi dari ARM ini dijadwalkan rilis pada akhir 2013.

Selama ini, di prosesor-prosesor buatannya, AMD menggunakan teknologi x86 yang didominasi oleh rival besarnya, Intel. Penggunaan teknologi ARM diharapkan bisa membantu AMD  mematahkan dominansi lawannya tersebut.

AMD juga diperkirakan bakal menanamkan teknologi ARM di prosesor-prosesor untuk segmen pasar berbeda, seperti server.
ARM adalah perusahaan spesialis pembuat chip untuk perangkat mobile. Produk buatan mereka telah digunakan banyak oleh vendor ponsel dan tablet.

Sejak Intel memutuskan masuk ke ranah prosesor mobile, dominasi ARM akan mulai terganggu. Dengan "bergabungnya" AMD dengan ARM, bisnis prosesor mobile akan semakin memanas.

Sumber : KOMPAS

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Pakai Teknologi ARM, AMD Makin Serius di 'Mobile'"

Post a Comment